Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2010 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2010. Namun, saya akan menulis artikel tentang Excel 2007 dahulu karena saya belum beralih ke Excel 2010 ya,,, :D
"Potensi Excel 2007 lebih dari sekedar spreadsheet untuk menghitung angka dan menjelajahi kemampuan mahir excel untuk analisa." (by: Hermanto Sutanto, Business Group Lead Information Worker, Microsoft Indonesia).
Excel dapat menyelesaikan dan menjawab persoalan bisnis dengan bantuan komputer secara teruji. Penggunaan relatif mudah dan dapat dikuasai secara cepat serta dikenal secara luas menjadikan Excel diposisikan sebagai program aplikasi terbaik pemecahan masalah kuantitatif. Salah satu kunci untuk mengoptimalkan penggunaanprogram aplikasi Excel adalah pembahasan studi kasus terapan yang dihadapi dalam aktivitas keseharian. Kasus terapan tersebut dapat diolah dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data perusahaan, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.
Excel 2007 dapat berintegrasi dengan program Microsoft Office 2007 lainnya, seperti Word 2007, OneNote 2007, Publisher 2007, Outlook 2007, Power Point 2007, Visio 2007 dan Groove 2007. Secara lebih detail apasih keunggulan Excel 2007 dibanding dengan Excel yang sebelumnya, yaitu Excel 2003?? Liat dibawah:
Keunggulan Excel 2007 dibanding Excel 2003:
Ø Susunan fasilitas dan perintah-perintah yang muncul di layar atau interface lebih terintegrasi, pengelompokkan perintah-perintah lebih baik. Ini tentu akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda
Ø Jumlah kolom pada Excel 2003 hanya terdiri dari 256 kolom, yang dimulai dari kolom A, B, C, D, dan sampai kolom Z, kemudian dilanjutkan dengan kolom AA, AB, AC, dst sampai dengan kolom IV. Sedangkan, pada Excel 2007 jumlah kolom telah ditambahkan sampai 16.384 kolom. Dengan ini, Anda dapat membuat tabel dengan jumlah kolom yang sangat banyak.
Ø Penyederhanaan pengaturan layar pada Excel 2003, harus menentukan pilihan ukuran layar yang berada pada Standard Toolbar. Sedangkan, pada Excel 2007 telah disederhanakan dengan tersedianya Zoom Slider yang terletak di bagian kanan bawah layar. Dengan ini, akan sangat mudah mengatur ukuran layar yang hanya dengan menggeser slider.
Ø Penambahan sheet pada Excel 2003 harus melakukan serangkaian perintah dengan kondisi default Excel 2003 yang hanya menampilkan 3 sheet, yaitu Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Sedangkan, pada Excel 2007 dalam kondisi default sama dengan versi 2003, yaitu menyediakan 3 Sheet, namun setelahnya akan terdapat satu tab lagi yang dapat digunakan untuk manambah Sheet baru. Caranya hanya dengan sekali klik pada tab tersebut, otomatis akan menyediakan Sheet baru, seperti Sheet4, Sheet 5, dst.
Ø Penggunaan Shortcut dalam memberikan perintah dalam Excel 2007 masih mengakomodir bermacam-macam shortcut yang sama dengan versi sebelumnya. Dengan menekan Alt sekali akan menampilkan tombol-tombol shortcut.
Contoh: tekan Alt (tekan dan tahan) sambil menekan tombol H dan/atau menekan tombol H lagi (Alt+H+H). Perintah kombinasi tombol ini akan menampilkan format color.
Ø Formula AutoComplete untuk membantu dalam memilih fungsi. Contoh, jika dalam sebuah tabel akan mencari rata-rata sejumlah nilai, Anda akan mengetik =AV sebelum Anda selesai mengetik AVERAGE, Excel akan menawarkan Formula AutoComplete tersebut.
Ø Microsoft Office Button adalah tombol yang terletak di sebelah kanan atas. Dari tombol ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menyimpan (Save), menutup dokumen (Close), mencetak (Print), mengirim email, dsb.
Ø SmartArt (fasilitas baru) menyediakan shape dengan berbagai efek yang dapat digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan seperti memperindah naskah maupun untuk kebutuhan presentasi.
Ø Menyediakan pilihan warna sebanyak 4.3 juta
Ø Level pada format kondisional tidak terbatas
Ø Perintah Sort bisa mencapai 64 level
Ø Fasilitas Undo sampai 100 level
Ø Karakter yang terdapat pada rumus atau formula diperbolehkan 0 sampai sejumlah 8 ribu
Ø Karakter di dalam sebuah sel boleh sampai 32 ribuMau tau dong bagian-bagian Excel itu seperti apa saja. Oke.. disini kita bahas.
Ø Susunan fasilitas dan perintah-perintah yang muncul di layar atau interface lebih terintegrasi, pengelompokkan perintah-perintah lebih baik. Ini tentu akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda
Ø Jumlah kolom pada Excel 2003 hanya terdiri dari 256 kolom, yang dimulai dari kolom A, B, C, D, dan sampai kolom Z, kemudian dilanjutkan dengan kolom AA, AB, AC, dst sampai dengan kolom IV. Sedangkan, pada Excel 2007 jumlah kolom telah ditambahkan sampai 16.384 kolom. Dengan ini, Anda dapat membuat tabel dengan jumlah kolom yang sangat banyak.
Ø Penyederhanaan pengaturan layar pada Excel 2003, harus menentukan pilihan ukuran layar yang berada pada Standard Toolbar. Sedangkan, pada Excel 2007 telah disederhanakan dengan tersedianya Zoom Slider yang terletak di bagian kanan bawah layar. Dengan ini, akan sangat mudah mengatur ukuran layar yang hanya dengan menggeser slider.
Ø Penambahan sheet pada Excel 2003 harus melakukan serangkaian perintah dengan kondisi default Excel 2003 yang hanya menampilkan 3 sheet, yaitu Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Sedangkan, pada Excel 2007 dalam kondisi default sama dengan versi 2003, yaitu menyediakan 3 Sheet, namun setelahnya akan terdapat satu tab lagi yang dapat digunakan untuk manambah Sheet baru. Caranya hanya dengan sekali klik pada tab tersebut, otomatis akan menyediakan Sheet baru, seperti Sheet4, Sheet 5, dst.
Ø Penggunaan Shortcut dalam memberikan perintah dalam Excel 2007 masih mengakomodir bermacam-macam shortcut yang sama dengan versi sebelumnya. Dengan menekan Alt sekali akan menampilkan tombol-tombol shortcut.
Contoh: tekan Alt (tekan dan tahan) sambil menekan tombol H dan/atau menekan tombol H lagi (Alt+H+H). Perintah kombinasi tombol ini akan menampilkan format color.
Ø Formula AutoComplete untuk membantu dalam memilih fungsi. Contoh, jika dalam sebuah tabel akan mencari rata-rata sejumlah nilai, Anda akan mengetik =AV sebelum Anda selesai mengetik AVERAGE, Excel akan menawarkan Formula AutoComplete tersebut.
Ø Microsoft Office Button adalah tombol yang terletak di sebelah kanan atas. Dari tombol ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menyimpan (Save), menutup dokumen (Close), mencetak (Print), mengirim email, dsb.
Ø SmartArt (fasilitas baru) menyediakan shape dengan berbagai efek yang dapat digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan seperti memperindah naskah maupun untuk kebutuhan presentasi.
Ø Menyediakan pilihan warna sebanyak 4.3 juta
Ø Level pada format kondisional tidak terbatas
Ø Perintah Sort bisa mencapai 64 level
Ø Fasilitas Undo sampai 100 level
Ø Karakter yang terdapat pada rumus atau formula diperbolehkan 0 sampai sejumlah 8 ribu
Ø Karakter di dalam sebuah sel boleh sampai 32 ribuMau tau dong bagian-bagian Excel itu seperti apa saja. Oke.. disini kita bahas.
Inilah deskripsinya:
Office Button = yaitu pengganti menu File yang biasa digunakan pada aplikasi Excel 2003 dan versi-versi sebelumnya. Didalamnya berisi perintah, seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close, Excel Options dan Exit Excel.
Quick Access Toolbar = yaitu toolbar yang berisi perintah-perintah penting, seperti Save, Undo, Redo dan masih banyak lainnya yang bisa ditambahkan sendiri sesuai dengan keperluan dengan cara klik tombol Customize Quick Access Toolbar diujung sebelah kanan toolbar lalu pada daftar pilihan klik perintah yang ingin ditambahkan.
Ribbon = yaitu pengganti menu bar dan toolbar yang sering ditemukan pada Excel 2003 atau versi-versi sebelumnya. Kini menu bar berubah bentuk dan telah disempurnakan menjadi bentuk Tab yang berisi beberapa Group dan didalamnya terdapat Command Button
Cell = yaitu penunjuk sel yang sedang aktif (di klik dan di soroti) dengan demikian data baru dapat dimasukkan
Formula Bar = yaitu baris rumus untuk menampilkan isi sel yang sedang aktif atau untuk menulis rumus perhitungan data
Column = yaitu keterangan kolom yang bertuliskan A, B, C, D dan seterusnya
Row = yaitu keterangan baris yang bertuliskan 1, 2, 3, 4 dan seterusnya
Tab Worksheet = yaitu tab lembar kerja yang berguna untuk pindah ke lembar kerja lain tetapi masih di dalam satu buku kerja (work book)
View Shortcut = merupakan fitur baru dalam Excel 2007 yang berguna untuk mengubah tampilan worksheet menjadi Page Layout, Page Break Preview dan Normal
Zoom Slider = juga merupakan fitur baru dalam Excel 2007 yang berguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet secara cepat
Scroll Bar = yaitu bar yang memungkinkan untuk menggeser text area ke atas, bawah, kanan maupun kiri.
0 komentar:
Post a Comment